Holden Statesman HQ dan HJ

Holden Statesman HJ

Jaman dulu, mobil-mobil Holden terkenal sebagai mobil mewah berhubung ukurannya yang besar begitu juga dengan mesinnya. Salah satu varian Holden paling mewah yang hadir di Indonesia pada dasawarsa 70an adalah Holden Statesman. Meski memiliki dalaman yang mirip dengan Kingswood namun bodi Statesman lebih panjang dan lebar untuk menunjukkan kastanya sebagai sedan deluxe mewah. Di Indonesia, mobil ini juga dijual kembarannya dengan nama Chevrolet 350.

Holden Statesman sendiri merupakan varian top of the line dimana semua fiturnya lengkap dan aksesoris yang lebih mewah. Bentuk Holden Statesman lebih berbeda dibandingkan Holden Kingswood dan Holden Premier dimana Holden Statesman lebih mengkotak dengan bagasi yang kurang miring. Selain bentuknya yang agak berbeda, wheelbase Holden Statesman lebih panjang karena Holden Statesmen awalnya mengambil basis dari Holden kingswood station wagon. Karena wheelbase yang sedikit lebih panjang ini mengakibatkan ruang penumpang Holden Statesmen lebih besar dibanding Holden Kingswood dan Premier.

Pertama kali muncul pada generasi HQ, Statesmen memiliki ciri khas berupa grill depan model terpisah karena adanya palang vertikal ditengahnya. Dibagian belakang, lampu belakang mobil ini menganut model mirip dengan Holden Ute atau yang lebih dikenal dengan nama Belmont di Indonesia. Generasi HQ yang juga dijual oleh Isuzu sebagai Isuzu Statesman De Ville di Jepang ini muncul antara 1971 sampai sekitar 1974. Generasi setelah HQ ini adalah Statesman HJ dengan ciri grill depan yang menyatu karena tidak ada palang besar ditengahnya juga lampu belakang yang tidak memanjang secara vertikal macam HQ. Generasi HJ ini sempat dijual oleh Mazda dengan nama Mazda Roadpacer di Jepang ini muncul sekitar 1974 sampai 1976 saja. Setelah itu Holden sempat memperkenalkan generasi HX, HZ dan WB yang sayangnya tidak masuk ke Indonesia ataupun masuk dengan jumlah sangat sedikit melalui jalur khusus.

Mobil ini memakai mesin Holden inline 6 atau yang lebih dikenal dengan nama Holden Red engine. Holden Statesmen dan Premier memakai mesin 3300cc atau 202ci (cubic inch) dengan valvetrain OHV. Desan pasokan bensin melalui karburator ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 129Hp dan torsi 260Nm yang mana kecil untuk standar sekarang namun besar pada jaman 70an dulu. Untuk transmisinya digunakan transmisi 4 percepatan dengan perseneling model tongkat. Selain transmisi manual, ada juga transmisi otomatis 3 percepatan yang diberi nama Trimatic.

Selain Statesman bermesin 6 silinder, ada juga Statesman bermesin 8 silinder meskipun populasinya cukup jarang di Indonesia. Berbeda dengan kembarannya yang memakai mesin Chevy Small Block 5700cc V8, Statesman V8 ini memakai mesin Holden V8 253ci atau 4100cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 160Hp saja dengan karburator 2 barrel. Untuk menyalurkan tenaga keroda belakangnya, digunakan transmisi manual 4 percepatan atau otomatis 3 percepatan model tongkat yang letaknya berada dibawah atau dilantai mobil.

Diciptakan sebagai mobil mewah, sudah sepantasnya fitur-fitur ala mobil mewah dijamannya bisa ditemukan pada mobil ini. Memang fitur elektronis canggih seperti power window sampai electric mirror belum ada. Namun setidaknya, mobil ini sudah menawarkan AC, power steering hidrolis, rem cakram depan untuk keselamatan, radio am/fm, interior berlapis kulit, arm rest untuk penumpang depan serta belakang dan lain sebagainya. Dibagian bodinya juga tentunya memiliki lis chrome yang lebih banyak dibandingkan Premier yang lebih murah.

Spesifikasi Holden Statesman HQ dan HJ ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Holden Statesman HQ dan HJ
Jenis Sedan
Tipe HQ (1971-1974)
HJ (1974 - 1976)
Mesin 202 cu in i6 OHV 3300cc
253 cu in V8 OHV 4100cc
Bore X Stroke 92.1 X 82.6 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Otomatis 3 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

1 Response to "Holden Statesman HQ dan HJ"

  1. Sempat tertarik coba piara mobil blaaar ini..
    tapi apa daya harganya jaman skg sudah ajaib..
    yg agak rapih saja mulai dari 70-100 juta lebih...
    sudah bs dapet mobil 2010an..

    ReplyDelete