Toyota Crown Lele S60

Toyota Crown S60 lele

Toyota Crown merupakan sedan mewah dari Toyota setingkat dibawah Toyota Century yang menjadi flagship limousine dari pabrikan Jepang tersebut. Di Indonesia, generasi Crown yang pertama kali dirakit di Indonesia adalah Toyota Crown generasi keempat sekitar tahun 1973. Toyota Crown ini memiliki julukan Crown lele karena bentuk moncong depannya yang mirip kepala ikan lele. Di Jepang sendiri Toyota Crown generasi ini sering disebut sebagai kujira yang dalam bahasa Jepang berarti ikan paus.

Dilihat dari desain moncongnya, masuk akal jika mobil ini mendapat julukan lele di Indonesia dengan bentuk kap mesin yang rata sedikit membulat seperti kepala lele. Grill depan serta lampu depan bulat berjumlah 4 buah diletakkan menjorok kedalam sementara dibagian atasnya terdapat hiasan chrome mengelilingi bagian depan kap menguatkan kesan moncong lele. Dengan bentuk keseluruhan menggunakan gaya desain art deco sebelum era malaise, Crown lele terlihat cukup unik dibandingkan mobil lainnya.

Di Indonesia, Toyota Crown lele hanya diproduksi dalam bentuk sedan 4 pintu dengan trim level standard atau custom saja yang merupakan varian paling bawah dari Toyota Crown yang dijual di Jepang. Bagian belakang sedan memiliki ciri berupa lampu belakang yang memanjang secara horisontal. Selain itu, ada juga varian hardtop coupe 2 pintu dengan lampu belakang yang mirip dengan sedan hanya saja bentuknya kotak terpisah antara lampu sein dan lampu stop.

Toyota Crown wagon S60 lele

Selain sedan, di Indonesia juga sempat dijual varian station wagon oleh ATPM resmi. Bagian lampu belakangnya berbeda jauh dengan sedan maupun coupe dengan garnish yang menyatu antara lampu kanan dan kirinya. Toyota Crown wagon ini masuk dan dijual di Indonesia dengan cara unik yaitu dengan dokumen dan persyaratan impor berupa kendaraan untuk ambulans sehingga pajaknya yang lebih murah. Perlengkapannya juga dilengkapi dengan perlengkapan ambulans seperti sirine rotator, tandu, kursi peugas dan perlengkapan medis lainnya. Ketika sampai di dealer, baru kemudian Crown wagon ambulans ini diberi interior seperti jok dan sebagainya sebagaimana station wagon pada umumnya.

Sebagai sedan termewah Toyota yang dirakit di Indonesia saat itu, mesin yang diusung Toyota Crown lele ini hanyalah mesin Toyota 4M dengan konfigurasi 6 silinder segaris SOHC 12 valve berkapasitas 2600cc. Baik varian sedan 4 pintu maupun station wagon 5 pintu sama-sama menggunakan mesin yang kelak juga dipakai Toyota Crown generasi selanjutnya yang dikenal dengan sebutan Crown Delux atau Crown DX. Dengan sebuah karburaotr mikuni, tenaga mesin yang dihasilkan mencapai 110Hp pada 5600Rpm dan torsi 180Nm pada 3600Rpm. Untuk menggerakkan roda belakangnya digunakan transmisi manual 4 percepatan.

Fitur yang tersedia pada Toyota Crown lele ini cukup lengkap dan mewah dimasanya. Mobil ini sudah dilengkapi dengan buzzer untuk pintu yang terbuka, jam analog Quartz dikonsol speedometer, AC Nippon Denso, Radio/Tape kaset, konsol tengah, jok kain, asbak dan pemantik dijok belakang, arm rest jok belakang, sampai AC untuk penumpang belakang dengan kisi AC yang terletak dibelakang kepala penumpang. Untuk varian station wagon hampir mirip dengan varian sedan hanya saja tidak terdapat jam serta AC untuk penumpang belakang.

Meskipun bentuknya sedan, namun Toyota Crown masih memakai sasis tangga sebagai landasan untuk menaruh bodi, mesin dan kaki-kakinya. Meskipun sama-sama sasis tangga, namun jangan dibayangkan Toyota Crown lele memiliki suspensi seperti mobil barang karena Crown sudah dilengkapi dengan suspensi depan independen wishbone sementara bagian belakang model trailing arm batang torsi dengan per keong. Untuk pengeremannya bagian depan menggunakan cakram solid sementara bagian belakang menggunakan rem teromol.

Lahir di era mobil Jepang masih diragukan kemampuannya serta sentimen negatif atas investasi Jepang pada pertengahan 70an membuat populasi Toyota Crown lele cukup jarang pada awalnya. Mobil-mobil yang masih tersisa saat ini banyak yang hanya menjadi garage queen atau barang dengan nilai sentimental tinggi bagi pemiliknya atau sekedar terlantar.

Spesifikasi Toyota Crown Lele S60 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota Crown Lele S60
Jenis Sedan
Station Wagon
Tipe S60
Mesin 4M SOHC 2600cc
Bore X Stroke 74.0 X 78.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.690 mm
Panjang 4.680 mm
Lebar 1.690 mm
Tinggi 1.420 mm


Comments