Daihatsu Charade CS G11 & Charade Turbo G11R

Daihatsu Charade CS G11

Daihatsu Charade CS atau yang lebih dikenal sebagai Charade Kotak adalah sebuah mobil hatchback buatan Daihatsu yang diperkenalkan pada tahun 1983 dengan kode sasis G11. Mobil ini dimaksudkan untuk menggantikan Daihatsu Charade XG yang sudah habis masa produksinya. Nama Charade sendiri berasal dari bahasa Perancis yang maknanya kurang lebih adalah bermain peran.

Daihatsu Charade generasi kedua di Indonesia dikenal juga dengan nama Daihatsu Charade CS karena hanya trim level inilah yang dijual di Indonesia pada awalnya. Charade masih hanya tersedia dalam bentuk hatchback 5 pintu sama seperti pendahulunya di Indonesia. Mengikuti tren desain 80an, Charade dibuat dalam bentuk bodi yang serba kotak. Ciri khas dari model pertama yang muncul adalah penggunaan lampu kotak sealed beam serta grill depan model sarang tawon yang dikenal dengan istilah honey comb. Bagian bumpernya sudah menggunakan material plastik hitam tanpa cat tidak seperti pendahulunya yang menggunakan bumper besi. Untuk bagian belakang, lampu belakang Charade CS memakai bentuk kotak sempurna dengan lampu yang disusun berupa lampu rem diatas dan lampu sein dibawah dengan lampu mundur kotak kecil diantaranya.

Pada tahun 1986, Daihatsu memperkenalkan versi facelift dari Daihatsu Charade CS. Perbedaan paling terlihat pada facelift ini adalah penggunaan lampu depan berbentuk trapesium menyipit yang lebih modern. Grill honeycomb dari model sebelumnya diganti dengan grill yang menyempit mengikuti ukuran lampu depannya dengan palang horisontal 4 buah. Lampu kotanya sendiri berpindah dari bumper kesamping lampu depan. Dibagian belakangnya sendiri terdapat sedikit perbedaan dimana lampu belakangnya kini tidak berbentuk kotak sempurna melainkan sedikit membulat dengan urutan yang disusun ulang menjadi lampu rem, lampu sein dan lampu mundur dari atas.

Daihatsu Charade CS facelift

Masih sama dengan pendahulunya, Daihatsu Charade CS di Indonesia menggunakan Daihatsu CB20 993cc yang sama dengan yang digunakan Daihatsu Hijet 1000 hanya saja mesin ini sudah disempurnakan lagi. Mesin dengan konfigurasi 3 silinder OHC 6 valve dengan pengabut bahan bakar karburator ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 55Hp pada 5500Rpm dan torsi sebesar 73Nm pada 3000Rpm dengan rasio kompresi 8.7:1. Untuk menggerakkan roda depannya, Charade CS hanya mendapat pilihan transmisi manual 4 percepatan.

Selain melakukan facelift, pada tahun 1986 Daihatsu juga memperkenalkan varian baru dari Daihatsu Charade. Daihatsu Charade yang dimaksud adalah Daihatsu Charade turbo dengan kode G11R. Dibagian eksteriornya, terdapat perbedaan antara Charade CS dengan Charade Turbo dimana Charade Turbo memakai grill dengan palang horisontal 2 buah lengkap dengan tulisan Daihatsu disamping kiri bawah. Selain itu terdapat lis bodi berwarna merah disekeliling bumpernya. Dibagian belakang perbedaan paling terlihat ada pada spoiler belakang serta stiker emblem turbo menggantikan stiker emblem CS.

Dibagian interiornya, perbedaan Charade CS dengna Charade Turbo makin terlihat. Jika interior Charade CS berwarna abu-abu dengan setir palang 2, Charade Turbo memakai interior berwarna coklat tua yang gelap dipadukan dengan warna merah disekitar doortrimnya. Setir yang digunakan juga memakai palang 3. Bagian konsol speedometernya berbeda karena Charade Turbo memakai takometer yang rumah dialnya berbentuk bulat tidak seperti Charade CS yang kotak. Bentuk jok juga berbeda dimana Charade Turbo memakai jok model semi bucket dengan headrest bolong ditengah serta berwarna paduan merah dan coklat tua mengikuti interiornya.

Interior Daihatsu Charade turbo

Perbedaan paling besar pada Charade Turbo ini adalah mesinnya dimana Charade Turbo menggunakan mesin Daiahtsu CB60 yang ditambah Turbocharger IHI kecil. Mesin ini menggunakan konfigurasi 3 silinder SOHC 6 valve turbo berkapasitas 1000cc dengan karburator. Tenaga yang dihasilkan mesin turbo tanpa intercooler ini adalah 80Hp pada 5500Rpm dan torsi 106Nm pada 3200Rpm. Transmisi yang digunakan untuk memutar roda depannya menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Sayangnya karena pada saat itu tidak banyak orang Indonesia yang tahu cara merawat mesin turbo mengakibatkan hanya sedikit Daihatsu Charade Turbo yang masih terpasang turbo IHI originalnya sekarang. Rata rata turbo original Charade ini rusak karena oli yang digunakan untuk melumasi turbin yang berputar dengan kecepatan tinggi mengering karena mesin dimatikan secara mendadak sambil digas yang mitosnya untuk mengisi aki.

Charade Turbo kemudian menjadi fondasi untuk dibangunnya Daihatsu Charade DeTomaso. Ada kisah unik mengapa Daihatsu yang membuat mobil murah bisa memakai nama DeTomaso yang membuat supercar. Jadi pada awalnya DeTomaso juga menjual dan memiliki Innocenti yang awalnya merupakan lisensi dari Mini yang dimiliki oleh British Leyland. British Leyland kemudian menarik lisensi Mini yang digunakan Innocenti sehingga Innocenti mengembangkan mobil baru berbasis platform Mini dengan desain Bertone. Berhubung, tidak ada mesinnya, Daihatsu kemudian dikontak untuk menyediakan mesin-mesin untuk mobil Innocenti ini. Sebagai balas jasa dan pembayaran mesinnya, Daihatsu diperbolehkan menggunakan nama DeTomaso untuk mobil-mobilnya berhubung pada saat itu Jepang sedang senang dengan merk-merk asing.

Secara fitur, kedua Daihatsu Charade ini sama saja. Sabuk pengaman, rear wiper, child lock, defroster kaca depan, ban radial tipe SR dan kolom kemudi yang collapsible jika terjadi kecelakaan sudah menjadi standarnya. Daihatsu Charade CS aslinya juga sudah dilengkapi dengan AC buatan Nippon Denso serta radio AM/FM. Untuk rem, sudah dilengkapi dengan booster dimana rem depan cakram sementara belakang teromol.

Kini Daihatsu Charade CS menjadi salah satu pilihan mobil dengan harga murah dibawah 20 jutaan yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi mobil pertama dengan uang yang sedikit. Kelebihannya sudah tentu hemat bahan bakar serta perawatannya yang cukup murah karena mirip dengan mesin angkot. Lain cerita dengan versi turbo yang sedikit berbeda dengan Charade CS. Untuk kelemahanya sendiri masih sama seperti mobil Jepang seangkatan yang proses produksinya belum mengenal antikarat yang baik sehingga sudah banyak yang karat dan keropos.

Spesifikasi Daihatsu Charade CS (G11) dan Charade CS Turbo (G11R) ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Daihatsu Charade CS & Charade CS Turbo
Jenis Hatchback
Tipe G11 / G11R
Mesin CB23 SOHC(G11), CB60 SOHC(G11R)
Bore X Stroke 76.0 X 73.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed (G11),
Manual 5 Speed (G11R)
Wheelbase 2.320 mm
Panjang 3.550 mm
Lebar 1.550 mm
Tinggi 1.390 mm

Comments

  1. Thanks menambah wawasan saya,saya juga memelihara charade G11 th 84.

    ReplyDelete
  2. Waaah itu yg paling atas foto mobil saya dulu tuh, dapet foto darimana gan? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga nggak tau, yang tugas nyari gambar cuma saya suruh bilangin cari yang bentuknya seoriginal mungkin sesuai spek ckd indo... berhubung mobilnya bagus ya diambil deh, maaf ga bilang ✌️✌️✌️

      Delete
  3. L300 yg sekarang apakah menggunakan teknologi Common Rail Injection??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak, mesin dieselnya masih konvensional tidak berubah dari dulu.

      btw disini lagi bahas charade om... l300 ada di Mitsubishi Colt L300

      Delete
  4. Buat yg baru bisa nyupir cocok gk charede g11 84
    Kerusakan apa yg sering terjadi di mobil ini tanks info dan jawaban nya

    ReplyDelete
  5. Bagus ni mobil tp penyakit yg sering aku temui saat mesin panas di starter sulit

    ReplyDelete
  6. Apakah spare part masih banyak di pasaran..??

    ReplyDelete

Post a Comment