Toyota Corolla Twincam AE92 & EE90

Toyota Corolla Twincam adalah varian dari Toyota Corolla generasi ke 6 (E90). Disebut Corolla Twincam karena pada generasi ini Toyota Astra Motor mulai memperkenalkan mesin DOHC yang disebut Twincam oleh Toyota. Untuk pasar domestik Indonesia, Toyota Corolla Twincam hanya tersedia dalam bentuk sedan 4 pintu dan liftback. Mobil ini menjadi pengganti untuk Toyota Corolla SE Saloon. Pada generasi E90 ini sudah tidak ada lagi varian penggerak belakang. Semua Toyota Corolla Twincam diseluruh dunia sudah memakai gerak roda depan.

Toyota Corolla Twincam


Di Indonesia, Toyota Corolla Twincam terbagi atas 3 kasta. Tipe pertama yang paling rendah adalah Toyota Corolla Twincam SE. Toyota Corolla Twincam ini bermesin 2E SOHC 12 valve 1300cc yang masih menggunakan karburator dan sama persis dengan Toyota Starlet. Tipe kedua adalah Toyota Corolla Twincam SE Limited. Tipe SE Limited ini menggunakan mesin 4AF DOHC 16valve berpakasitas 1600cc. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 94hp pada 6500rpm dan torsi 135 Nm pada 3600rpm walaupun masih menggunakan karburator untuk suplay bahan bakarnya. Tipe terakhir dan yang merupakan Corolla Twincam paling kencang adalah Toyota Corolla Twincam GTi. Versi GTi ini menggunakan mesin 4AGE DOHC injeksi yang sama persis dengan mobil sport Toyota seperti Toyota Sprinter Trueno, MR2, hingga Celica 1600GT. Mesin dengan DOHC wide angle ini dibuat dengan campur tangan dari Yamaha yang saat itu sedang gatal meriset mesin untuk F1. Karenanya tidak heran kalau hanya dengan 1600cc saja mesin 4AGE ini sudah bisa menghasilkan tenaga hingga 140hp.

Selain beda di mesin, Toyota Corolla Twincam fitur fiturnya juga berbeda antar tipenya. Untuk Toyota Corolla Twincam SE belum dilengkapi dengan power window dan power steering. Toyota Corolla Twincam SE Saloon sudah lebih baik dengan adanya power window, power steering dan central lock. Varian tertinggi, Toyota Corolla Twincam GTi fiturnya hampir sama dengan Toyota Corolla Twincam SE saloon. Hanya saja bentuk speedometer berbeda dan terdapat Strutbar dan rem cakram di keempat rodanya. Selain itu jok depan pada Toyota Corolla Twincam sudah menganut model semi bucket yang mirip dengan mobil sport lainnya.

Toyota Corolla Twincam mulai diproduksi untuk massal pada tahun 1988. Setiap tahun Toyota Corolla Twincam mengalami facelift yang membuatnya berbeda untuk tiap tahun produksinya. Pada produksi 1988, bumper depan terdapat banyak sirip air scoop dan di bagian bawah bumper mobil tersebut terdapat semacam lubang hawa untuk perangkat rem berbentuk kotak. Toyota Corolla Twincam tahun 1989 sudah terdapat lampu sein di bumper depannya. Kotak hawa untuk bumper yang ada pada Corolla Twincam 1988 sudah dihilangkan. Sedangkan pada bagian belakang, stop lamp masih seperti generasi awal dengan warna kuning  dan putih untuk sein dan lampu mundur. Hanya saja pada bagian tengah ditambahkan ornamen lampu pada plat nomor belakang. Untuk Toyota Corolla Twincam tahun 1990-1992 hampir tidak ada perbedaan berarti kecuali lampu sein yang ada pada bumper yang mengalami perubahan ukuran. Pada tahun ini, Toyota menambah varian Corolla dengan menghadirkan Toyota Corolla Twincam GTi yang menggunakan sistem injeksi pada mesin 4AGE.

Kelebihan Toyota Corolla Twincam adalah mesin DOHC tarikannya enteng dan mesinnya bandel. Sparepart Toyota Corolla Twincam juga tergolong murah dan mudah dicari karena mesin 4Anya dipakai sejak jaman Corolla GL SE Saloon sampai Toyota Soluna. karenanya tidak heran mobil ini cocok untuk pemula. Kaki kaki juga lumayan empuk dan nyaman. Dibanding kompetitornya seperti Civic LX, plat body lebih tebal sehingga lebih tahan karat. Harga belinya juga lumayan stabil. Untuk Toyota Corolla Twincam SE limited berkisar antara 40 sampai 50 jutaan tergantung kondisi. Untuk Toyota Corolla Twincam SE kadang bisa lebih murah lagi. Sayangnya untuk Toyota Corolla Twincam harganya gelap. Kadang bisa tembus 70 jutaan tergantung kondisi dan kelengkapannya.

Kelemahan Toyota Corolla Twincam adalah kaki kaki sedikit ringkih walaupun tidak seringkih Civic LX. Untuk part kaki Toyota Corolla Twincam SE dan SE limited mungkin masih mudah karena mirip mirip dengan Corolla lainnya, namun untuk Toyota Corolla Twincam GTi sedikit berbeda karenanya sedikit langka. Konsumsi BBMnya juga lumayan boros dibanding rival sekelasnya seperti Civic LX. Rata rata berkisar antara 11:1 untuk dalam kota dan 14:1 untuk Toyota Corolla Twincam 1600cc. Kapasitas mesin atau cc kecil juga bukan berarti semakin irit karena kadang mesin kecil dipaksa membawa berat yang berlebih malah jadi semakin boros.

Spesifikasi Toyota Corolla Twincam AE92 & EE90 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota Corolla Twincam AE92 & EE90
Jenis Sedan
Tipe AE92 & EE90
Mesin 2E SOHC 1300cc
4AF DOHC 1600cc
4AGE DOHC 1600cc
Bore X Stroke 73.0 X 77.4 mm (2E)
81.0 X 77.0 mm (4A)
Sistem Bahan Bakar Karburator (2E & 4AF)
Injeksi (4AGE)
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.431 mm
Panjang 4.326 mm
Lebar 1.656 mm
Tinggi 1.326 mm (1988)
1.331 mm (1989 - 1992)


Comments

  1. Jadi misal kaki twincam di ganti sama kaki" punya soluna/ great masih masuk ya om . Teruta untuk bagian shockbreakernya . Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan masih masuk, asumsinya support shock antara twincam, greco, sampai soluna sama. tapi mungkin ada sedikit beda

      Delete
  2. Bbm nya 11:1 luar kota 14:1 ya..
    Konon katanya karburator nya sering bermasalah om ? Ganti karbu pny apa yang bisa cocok sama twincam om ? Yang bisa bikin agak lebih irit juga... ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya enggak... tapi klo mau ganti karbu yg gampang rawatnya, andalan saya karbu kijang super

      Delete
  3. Punya saya corolla twincam se limited baru ambil, ini kapasitas tangkinya berapa yaa ?? , gw isi pertalite 100rb gk kuat separo 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang tankinya 50 liter diisi pertalite 13an liter ya nggak nyampe separonya lah 😂😂😂

      Delete
  4. untuk pngapian dah cdi ato masih platina om ...untuk twincamp 1.3

    ReplyDelete
  5. untuk kaki kaki yg twincam corola GTI klo ada kerusakan,bisakah d kasih punya soluna atau yg lainnya gan??

    ReplyDelete
  6. ow ya persamaan sentral power windo nya twin cam itu apa ya...

    ReplyDelete
  7. Corolla twin cam SE 1,3 apa boros juga gan? Dan bagaimana perawatannya? Tkasih

    ReplyDelete
  8. makasih infonya Om. cukup lengkap dan jelas. semoga manfaat ilmunya

    ReplyDelete
  9. Twincam se limited termasuk tipe AE...?? Atau EE...??

    ReplyDelete
  10. Malam Kak....kalau yg varian Gti...bawaan pabrik nya...masi platina atau cdi ?
    Apakah ada yg sdh dr awal nya cdi...misal...tahun berapa yg sdh cdi
    Terimakasih

    ReplyDelete
  11. Siang Mas.... Tanya Corolla GTI aslinya pakai Injeksi..... klo diganti dengan Karburator cocoknya pakai punya apa karburatornya agar tenaga Optimal mendekati performa injeksinya.... Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah kalau mau mendekati tenaga optimalnya. Paling banter pakai karburator 2 barrel atau malah karburator yang mirip Individual Throttle Body macam Keihin FCR MX40 (Karbu moge Yamaha YZF-R1).

      Delete
  12. Mau tanya Waterpum SE limited sama GTi sama ga om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya beda deh antara punya 4AFE (SE Limited) sama 4AGE (GTi), yang sama malah punya 7AFE (All New Corolla fecelift).

      CMIIW

      Delete
  13. Nanya om. Misalnya mau ganti karbu buat twincam 16 pake punya mobil apa ya?

    ReplyDelete
  14. Mobil saya se limited Kalo mau ganti radiator pake radiator apa

    ReplyDelete
  15. Nanya om, recommended toko online cari ring piston original twincam dimana ya

    ReplyDelete

Post a Comment