Jenis dan Perbedaan Daihatsu Taft, Hiline dan Feroza

taft hiline feroza bodi

Jaman 80an dan 90an dulu sepertinya pabrikan suka memasarkan produk yang sama dengan nama berbeda yang membuat bingung banyak orang seperti Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick atau Opel Blazer dengan Chevrolet Blazer. Tak terkecuali mobil jip Daihatsu yang bernama Taft, Hiline dan Feroza. Kali ini mobilmotorlama coba menjelaskan jenis dan perbedaan antara ketiga mobil ini. Jika ada kesalahan, silahkan koreksi melalui kolom komentar dibawah.


Secara umum dilihat dari spesifikasi mesin dan drivetrain, Daihatsu Taft merupakan varian lengkap dengan penggerak 4 roda (4WD) dan mesin diesel, Daihatsu Hiline merupakan Taft tanpa penggerak 4 roda (2WD) bermesin diesel walau kemudian Hiline juga punya varian 4WD sementara Daihatsu Feroza merupakan Taft 2WD dengan mesin bensin. Untuk Daihatsu Hiline pickup dan long wheel base, mobil ini tersedia dalam pilihan 2WD maupun 4WD. Pada tahun 1996, Daihatsu Taft dan Feroza mendapat update berupa suspensi depan independen dan belakang memakai per keong. Untuk Hiline, suspensi yang dipakai masih per daun untuk depan dan belakangnya.

Mesin yang digunakan pada Taft dan Hiline pertama sampai sekitar 1989 memakai mesin diesel 4 silinder 2800cc dengan kode DL41 yang memakai timing chain. Pada tahun 1989, mesin ini digantikan dengan mesin diesel 4 silinder 2800cc dengan kode DL42 yang memakai timing belt. Untuk Daihatsu Feroza, mobil ini memakai mesin bensin Daihatsu HD-C SOHC 16 valve karburator 1600cc. Transmisnya, untuk Taft dan Hiline awal memakai 4 speed sementara Taft, Hiline setelah 1991 dan Feroza memakai transmisi manual 5 speed.

Dilihat dari varian bodinya, mobil ini terbagi menjadi beberapa jenis. Taft, Hiline dan Feroza juga Taft GT, Hiline GTS dan Feroza G2/Sporty/SE standarnya memiliki bodi 3 pintu dengan atap rata. Panjang sasis varian standar ini adalah yang paling pendek sehingga cukup lincah kala diajak bermanuver ditengah hutan. Varian dengan atap resin yang tinggi dibagian belakangnya, memiliki jendela belakang geser dan 3 pintu dinamakan Taft Rocky, Hiline GTX atau Feroza Megatop. Varian sasis panjang dengan 5 pintu hanya tersedia Hiline GTL baik 2WD maupun 4WD yang banyak juga disebut sebagai Taft Hiline. Varian karoseri untuk Hiline juga tersedia dengan nama Hiline Bravo yang dibuat oleh karoseri Tugas Anda. Selain itu ada juga Daihatsu Hiline Ranger yang merupakan buatan karoseri Adhi Jaya Tama Mobilindo. Untuk Feroza, varian sasis panjangnya juga ada dimana bodinya dibuat oleh karoseri. Contoh karoseri yang membuat bodi Feroza long ini adalah Feroza SL yang merupakan buatan karoseri Tugas Anda Semarang. Varian pickup dengan nama Hiline Cargo memiliki sasis panjang dengan bak tidak rata dan populer untuk perkebunan dan tambang di Sumatera dan Kalimantan sana.

Untuk kode bodinya, Daihatsu membagi Taft generasi kedua menjadi seperti berikut :
  • F69 : Hiline GTS (4x2), Hiline GTX (4x2), Hiline GTL (4x2 dan 4x4) 
  • F70 : Hiline Pickup (4x2 dan 4x4) RPR, Taft GT (4x4) 
  • F73 : Taft (4x4) suspensi depan independen dan per keong di belakang
  • F75 : Rocky (4x4) 
  • F78 : Rocky (4x4) suspensi depan independen dan per keong di belakang

Kesimpulannya,
  1. Taft memakai mesin diesel 2800cc dan 4WD.
  2. Hiline memakai mesin diesel 2800cc tapi 2WD (kecuali Hiline Cargo dan Hiline GTL 4X4 yang 4WD).
  3. Feroza memakai mesin bensin 1600cc dan 2WD.
  4. Taft, Hiline, Feroza memakai sasis short wheel base dengan atap rata dan jendela belakang model tip top.
  5. Taft Rocky, Hiline GTX dan Feroza Megatop memakai sasis medium wheel base dengan atap tinggi dan jendela belakang geser.
  6. Hiline GTL dan Hiline Cargo merupakan varian sasis panjang.
  7. Feroza SL, Hiline Bravo, Hiline Family Wagon dan Hiline Ranger merupakan varian long wheelbase dengan bodi yang dibuat perusahaan karoseri lokal.
  8. Feroza SL dan Hiline Bravo buatan Tugas Anda, Hiline Family Wagon buatan Roda, Hiline Ranger buatan Setia Jaya Mobilindo.
  9. Taft GT, Taft Rocky (F78), Feroza G2 dan Feroza SE memakai suspensi independen.

taft hiline feroza grill depan

Pertama kali keluar pada tahun 1985, Taft memiliki ciri berupa lampu depan berbentuk bulat dengan grill palang 2 horisontal dan bumper besi dengan lekukan garis. Pada tahun 1987, Taft mendapat pembaruan dengan lampu kotak dan grill palang 1 horisontal dengan bumper yang masih sama. Sekitar pertengahan 1989, terjadi facelift dimana grill depan mobil ini membesar hingga sejajar dengan lampu sein. Untuk lampu seinnya sendiri masih memisah sementara frame grill depannya menyambung. Pada tahun 1996, Taft mendapat facelift terakhir dengan model grill yang mirip dengan Feroza dan lampu sein yang menyatu dengan grill. Model bumper pada fecelift ini berubah menjadi lebih minim guratan dan terdapat lubang hawa ditengahnya. Untuk Daihatsu Hiline, modelnya mengikuti Taft sejak 1987 namun saat model lampu sein menyatu, Hiline masih dijual menggunakan model lampu depan terpisah sampai 2007. Dari luar untuk membedakan antara Hiline atau Taft bisa dilihat dari gardan depannya maupun stiker bodi dan emblemnya.

taft hiline feroza samping side mould

Dilihat dari bagian sampingnya, Daihatsu Taft keluaran awal sampai sekitar 1992 diawal kemunculan Rocky hanya tersedia varian warna single tone. Perbedaanya dengan Daihatsu Hiline bisa dilihat dari over fender dimana Taft memiliki over fender lebih besar dibanding Hiline. Daihatsu Feroza memiliki tampang yang mirip dengan Taft yang memiliki over fender besar. Feroza kebanyakan dijual dalam warna bodi two tone. Untuk membedakan antara varian prefacelift (per daun) dengan facelift (SE/G2) bisa dilihat dari warna two tone nya dimana versi prefacelift warna two tonenya tinggi sampai batas ovevr fender sementara versi facelift warna two tonenya hanya setengah tinggi oevr fendernya.

Untuk fitur yang ditawarkan ketiganya juga berbeda mengingat pangsa pasarnya yang juga berbeda. Taft memiliki itur paling lengkap dimana mobil ini punya 4WD, power steering, central lock, AC, dibagian tengah atas dashboardnya terdapat jam digital (1990 keatas)/analog (1990 kebawah), inclinometer dan voltmeter. Transmisi yang digunakan 4 speed untuk 1991 kebawah dan 5 speed untuk 1991 keatas. Untuk Daihatsu Hiline fiturnya sama seperti Taft hanya saja minus jam, inclinometer, voltmeter, AC dan 4WD kecuali untuk pesananan khusus. Transmisi yang digunakan juga sama seperti Taft. Pada Daihatsu Feroza, fiturnya sama seperti taft dengan tambahan power window (G2 Sporty) namun minus 4WD, inclinometer dan jam.

Lebih lanjut mengenai ketiga mobil tadi:




Comments

  1. Hehe... Makasih banyak min....๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  2. Infonya sangat membantu bagi orang yg masih awam tentang daihatsu taft, dan bisa kadi panduan saat meminang daihatsu taft

    ReplyDelete
  3. Kalau nggak salah perbedaan taft hiline ranger dengan taft hiline family wagon itu sama (serupa) atau beda, ya... Mungkin bisa di koreksi lagi, ya mas motor mobil lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda dibagian "pantat"nya. ketiganya karoseri. beda paling mencolok ada di panjang keseluruhan. sisanya sih sama aja. tapi oke, kami update beberapa saat lagi.

      Delete
  4. Dan mas motor mobil lama ada satu lagi nih, bisa di bedain nih dari ketiga mobil ini (yakni taft hiline bravo, taft hiline ranger, dan taft hiline family wagon) mulai dari desain body mobil, kaki-kaki dan sasis, mesin, dan grilnya, sampai tahun nya.

    ReplyDelete
  5. Mantap om. Jadi inget feroza megatop yang ane pake belajar bawa mobil dulu

    ReplyDelete
  6. Apakah sama bodi taft gts dengan ferosa. Dari dudukan body,apabila dipindah / diover tanpa merubah dudukan body.

    ReplyDelete
    Replies
    1. CMIIW (Correct me If I Wrong) ya, berhubung setau saya part bodi Feroza dan Taft bisa saling tukar, jadi "MUNGKIN" bisa saling tukar asal versinya sama (Feroza megatop sama Taft Rocky).

      Delete
  7. Generasi taft pertama ga di bahas om,kan ada F50 yang paling beda tapi itu masih keluarga taft.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bikin atikel ini karena ada yang request bedanya gen yang ini. Kalau taft kebo ada disini

      Delete
  8. *smoga masih aktif
    maaf om² smua..sya newbie bru ngambil hiline th 92 (kl di stnk F69).
    nah yg sya msh bingung kl mau beli peralatan bodi²nya persamaannya apa sih om?apakah sluruh body hilile PnP dng taft type yg lain?
    atau hanya sama dng type yg mana?
    *maaf om bner2 g ngerti varian²nya..hehe..
    makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada yang berbeda KAlo F69 GTS Sma saja part denganF70 GT

      Delete
  9. Om klo ganti mesin taft ke body feroza apakah bnyk yg drubah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy ngampung pertanyaan ini... Tp kok blm ada jawaban ya

      Delete
    2. Karena saya sendiri tidak tau jawabannya. Mungkin bisa karena di Indonesia Feroza = Taft mesin bensin 1600cc. Detilnya yang tidak tau apalagi menyangkut keamanan begini tidak berani kasih saran yang salah-salah malah membahayakan

      Delete
  10. btw yg bener karoseri tugas kita bukan tugas anda๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
  11. Rasuo gardan sama atau beda, kok pick up levih kuat

    ReplyDelete
  12. Om saya punya hiline th1992 Jo belakang mehadap ke depan....ada cetolan ke lantai nya..
    Ada saudara saya punya taft.juga 1993yp kok blkg berhapan pan ..asli apa beda tu

    ReplyDelete

Post a Comment