Daihatsu Charade XG G10

Daihatsu Charade XG G10

Daihatsu Charade G10 atau yang dikenal sebagai Charade XG diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1978. Charade XG ditugaskan untuk mengisi pasar sedan Daihatsu menggantikan peranan Daihatsu Consorte yang berbasis Toyota Publica dan menjadi sedan Daihatsu paling besar saat itu. Nama Charade sendiri berasal dari bahasa Perancis yang maknanya kurang lebih adalah bermain peran.


Pada awalnya, Daihatsu Charade G10 hanya dibuat dalam bentuk sedan hatchback 5 pintu saja. Memasuki 1980, mulai dibuat varian coupe hatchback 3 pintu dengan nama Charade Runabout. Ciri dari Charade Runabout ini adalah memiliki 2 puntu dan pada bagian pilar C terdapat jendela kecil berbentuk bulat. Jendela bulat ini konon terinspirasi dari bentuk jendela kapal laut yang memang bentuknya bulat. Untuk bagian depannya dan mekanikal seperti mesin dan suspensinya sendiri mirip dengan Charade G10 lainnya. Di Indonesia sendiri, Daihatsu Charade XG hanya dibuat dalam model hatchback 5 pintu saja dan hanya ada 1 trim level yaitu XG.


Daihatsu Charade Runabout

Model pertama dari Daihatsu Charade XG menggunakan lampu bulat dengan emblem Daihatsu dan charade disebelahnya dekat dengan lampu depan sebelah kiri. Kemudian sejak tahun 1981 dikeluarkan facelift dengan model lampu kotak yang lebih mirip dengan Charade G11 hanya saja memakai grill dengan lubang vertikal miring. Selain itu pada grill depan terdapat emblem charade dengan 3 buah strip miring dibelakang tulisan Charade. Dibagian belakang, pada versi prefacelift Charade, lampu belakang Charade XG bisa dikenali dengan bentuk horisontal yang sedikit miring mirip jajar genjang dengan susunan lampunya beriringan. Untuk versi facelift, lampu belakang ini menjadi lebih lebar dengan susunan lampu rem dan belakang berada dibawah sementara lampu sein dan mundur berada diatasnya.

Daihatsu Charade XG di Indonesia dibekali dengan mesin Daihatsu CB20 993cc yang sama dengan yang digunakan Daihatsu Hijet 1000. Mesin dengan konfigurasi 3 silinder OHC 6 valve dengan pengabut bahan bakar karburator ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 50Hp pada 5500Rpm dan torsi sebesar 73Nm pada 3000Rpm dengan rasio kompresi 8.7:1. Berbeda dengan Hijet, Daihatsu Charade XG adalah mobil penggerak roda depan yang membuat posisi mesinnya diletakkan secara transversal. Untuk menggerakkan roda depannya, Charade XG di Indonesia hanya dipasangkan dengan transmisi manual 4 percepatan.

Meskipun terlahir sebagai sedan kecil, namun fitur bawaan Charade XG cukup lengkap. Charade XG memiliki beberapa fitur sebut saja sabuk pengaman, rear wiper, child lock, defroster kaca depan, ban radial tipe SR dan kolom kemudi yang collapsible jika terjadi kecelakaan sudah menjadi standarnya pada akhir dekade 70an. Daihatsu Charade XG aslinya juga sudah dilengkapi dengan AC buatan Nippon Denso dan rem sudah dilengkapi dengan booster. Untuk keselamatan, digunakan rem cakram dibagian depan dan rem teromol dibagian belakang yang bersembunyi dibalik velg kaleng 13 inch miliknya. Suspensinya sendiri cukup sederhana dengan macpherson strut dan batang torsi dibelakang yang membuatnya ringan dan lincah.

Kelebihan dari Daihatsu Charade XG G10 adalah harganya yang sangat murah yang terkadang kurang dari 10 juta rupiah namun tetap saja tergantung kondisinya. Konsumsi BBMnya sangat irit sekitar 1:10 untuk dalam kota yang cukup padat dengan mesin sehat. Untuk urusan sparepart sendiri tidak usah khawatir karena sparepart mesin persis dengan sparepart untuk Daihatsu Hijet 1000 atau Hijet Zebra yang sudah sering wira wiri sebagai angkutan umum pada tahun 1990an sampai sekarang. Selain partnya mudah, perawatannya pun juga mudah. Semua bengkel yang bisa memperbaiki mobil pastinya bisa memperbaiki mobil ini.

Sedangkan kelemahannya, jika mencari part mesin sangat mudah maka untuk part bodynya sendiri terbilang susah. Namun hal ini bisa dibilang wajar karena rata-rata mobil tua memang part bodynya sudah susah. Masalah karat dan keropos sudah menjadi hal umum pada mobil ini berhubung perakitan mobil jaman itu belum mengenal teknologi anti karat yang baik. Selain itu ketika menghidupkan ac, tenaga mobil ini sedikit berkurang karena memang mesinnya hanya 1000cc.

Spesifikasi Daihatsu Charade XG G10 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Daihatsu Charade XG G10
Jenis Hatchback
Tipe G10
Mesin CB20 SOHC 993cc
Bore X Stroke 76 X 73 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2,300 mm
Panjang 3,530 mm
Lebar 1,520 mm
Tinggi 1,360 mm


Comments

  1. Maaf mesinnya setahu saya OHC bukan OHV..tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf om... di keyboard huruf c sama v deket soalnya

      Delete
  2. Ukuran Tanki bahan bakarnya fful tang berapa liter ya untuk g10 86....?

    ReplyDelete
  3. TRIMAKASIH REVIEWNYA, BERMANFAAT UNTUK SY YG MAU beli mobil tua ini

    ReplyDelete

Post a Comment