Holden Ute Belmont HQ/HJ/HX/HZ/WB


Holden Ute Belmont adalah sebuah varian coupe utility yang dipasarkan oleh Holden mulai tahun 1974 hingga 1983. Holden Ute Belmont ini adalah satu satunya varian pick up Holden yang masuk ke Indonesia. Sebenarnya mobil ini juga kurang tepat disebut pick up karena bak belakangnya menyatu dengan body. Selain itu Holden Belmont sendiri juga tersedia dalam varian Sedan dan Station Wagon dan bukan hanya pikap. Namun karena yang populer adalah varian pikap maka nama Holden Belmont lebih familiar sebagai mobil pikap meskipun nama resminya adalah Holden Ute.



Ute atau Coupe Utility adalah varian mobil yang diciptakan di Australia. Awalnya seorang istri petani yang tidak diketahui namanya mengirimkan surat kepada Ford Motor Australia pada tahun 1932 untuk membuatkan kendaraan yang bisa dipakai ke gereja pada hari minggu namun bisa membawa babi ke pasar untuk dijual pada hari seninnya. Merasa tertantang, desainer Ford yang bernama Lew Bandt mengembangkan sebuah model kendaraan yang disebut "coupe utility" yang dirilis pada tahun 1934. Mobil versi Australia ini kemudian ditampilkan di Amerika Serikat beberapa waktu kemudian, Henry Ford yang melihatnya kemudian menjuluki istilah mobil ini dengan nama "Kangaroo Chaser".

Penyebutan Holden Belmont sebagai varian ute sebetulnya cukup menyimpang karena nama resmi dari pickup ini adalah Holden Ute. Varian Holden Belmont sendiri sebenarnya lengkap tersedia dari sedan, station wagon hingga Ute atau utility truck. Untuk Indonesia sendiri, Belmont keluar 2 model yaitu pickup dan estate/station wagon. Untuk varian estate/station wagon yang asli lumayan langka populasinya pada saat itu orang lebih suka membeli sedan Holden. Oleh karena itu ada juga model pickup yang diubah  menjadi station wagon melalui perusahaan karoseri lokal. Bedanya versi asli pintu tengah ada 2 disebelah kiri-kanan sedang versi ubahan hanya ada disebelah kiri. Versi karoseri ini dulu banyak dipakai untuk ambulan di RS pemerintah dan puskesmas. Bentuk depannya mirip Holden Kingswood yang hanya terdapat 2 lampu, sedang premier 4 lampu.

Pertama kali diperkenalkan tahun 1971 dengan diperkenalkan generasi HQ. Generasi HQ ini berakhir pada tahun 1974 dan diganti dengan generasi HJ yang beredar antara tahun 1975 sampai 1976. Perbedaan keduanya ada di grill depan dimana HQ menjorok ke dalam sedang HJ rata bodi. Pada tahun 1976 dikenalkan generasi HX dimana terdapat perbedaan grill dan badge. Pada tahun 1977 dikenalkan generasi HZ/SL yang produksinya berakhir sampai tahun 1979. Varian terakhir dari Holden Utility / Ute ini adalah generasi WB dimana pada generasi ini sudah memakai lampu kotak. Bagi yang bingung, HQ, HJ dsb ini menunjukkan generasi sedangkan Belmont, Kingswood, Premier menunjukkan trim level dimana Belmont terendah sedang Premier tertinggi.

Meskipun Udatin menjual dan merakit Holden Ute di Indonesia sejak generasi FE, namun beberapa perusahaan minyak seperti Caltex Pacific di Riau lebih suka mengimpor langsung dari Australia. Holden Ute yang berada di Riau ini berbeda dengan yang dijual Udatin karena termasuk generasi Holden Ute terakhir dengan generasi HZ. Menurut majalah Australia, total ada 314 unit Holden HZ Ute yang diekspor dari Elizabeth, Australia selatan ke Dumai, Riau, Indonesia. Holden Ute ini menjadi ekspor 1 tujuan terbesar Holden dengan nilai mencapai 1,3 juta dollar Australia. Holden ini kemudian bekerja bersama dengan 320 unit Holden sedan dan wagon hingga akhirnya mobil-mobil ini hilang karena dimusnahkan.

Mesin yang digunakan Holden Ute masih sama dengan mesin Holden segenerasi. Mesin Red engine yang dinamai demikian karena warna merah pada cylinder block memakai konfigurasi 6 silinder segaris OHV 8 valve berkapasitas 3298cc atau 202cubic inch. Mesin dengan karburator dan kompresi rendah ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 129Hp pada 4400Rpm dan torsi 260Nm pada 2000Rpm. Dirancang sebagai mesin yang tidak perlu perawatan berlebihan membuat efisiensinya cukup untuk mendapat julukan sahabat Pertamina karena sering mampir SPBU. Untuk menggerakkan roda belakang, digunakan transmisi manual 3 percepatan yang tuasnya berada pada kolom setir.

Harganya kini sudah semakin gelap. Untuk kondisi standar biasa saja kadang bisa didapat dengan harga 50juta itupun kalau beruntung. Padahal sekitar dekade 90an mobil ini nyaris tidak ada harganya. Kadang malah jauh lebih murah dari motor bebek saat itu (1 jutaan rupiah). Hal ini dikarenakan konsumsi bensinnya yang dianggap terlalu boros untuk mobil usaha. Saat ini harganya mulai melonjak naik karena modelnya yang unik dan mobil ini memeang sangat cocok dimodifikasi ala hot rod disamping populasinya yang mulai langka.

Spesifikasi Holden Ute Belmont HQ/HJ/HX/HZ/WB ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Holden Ute Belmont HQ/HJ/HX/HZ/WB
Jenis Ute / Pikap
Tipe Ute
Mesin 202 OHV 12v 3300cc
Bore X Stroke 92.08 X 82.55 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Wheelbase 2.895 mm
Panjang 4.940 mm
Lebar 1.887 mm
Tinggi 1.395 mm

Comments

  1. oh jadi aslinya belmont ini varian terendah ya?

    Sekarang malah jungkir balik, belmon buntung semi restorasi bisa 100 jutaan sementara Torana, Kingswood, Premier 50 jutaan aja udah dapet yang asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, jaman dulu holden itu mobil mewah yang kemana-mana disupirin sopir pribadi. begitu holden jualan pikep disini nggak laku karna selain prestisnya ilang juga boros. karna bentuk ute langka makanya sekarang mahal

      Delete

Post a Comment